Friday, December 21, 2007

LEMBAR PERTAMA

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
PENGERTIAN

PAUD adalah suatu proses pembinaan tumbuh kembang anak usia lahir hingga tahun ke-enam secara menyeluruh, yang mencakup aspek fisik dan non fisik, dengan memeberikan rangsangan pada perkembangan moral dan nilai-nilai agama, bahasa,kognitif,emosional sosial dan apresiasi seni yang tepat dan benar, agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimilikinya।

PROSES PELAYANAN
Pelayanan dan pembekalan dalam kelompok bermain PAUD diarahkan kepada anak didik sehingga memiliki kesiapan secar optimal di dalam memasuki pendidikan dasar, maupun dalam mengarungi tantangan kehidupan pada usia perkembangan remaja serta dewasa।

ORIENTASI LAYANAN
Kegiatan layanan PAUD lebih berorientasi untuk mengeksplorasi seluruh potensi anak didik, sesuai dengan usia perkembangan serta kebutuhan pemberdayaan dirinya। Kegiatan belajar dilakukan dengan bermain yang menyenangkan, sehingga mampu menstimulir anak didik untuk mengeksplorasi potensi dirinya, melalui alat dan atau peraga yang dimainkannya।

USIA PERKEMBANGAN ANAK DIDIK
Periode (usia kalender) bagi anak didik PAUD merupakan “periode emas” (Gold Periode) yang seharusnya memperoleh perhatian serta layanan individual secara intensif serta berkesinambungan। Secara psikologis periode perkembangan PAUD bahkan dapat lebih lama, yaitu sampai memasuki masa “pubertas” mereka। Anak didik belajar mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks, dari yang konkrit sampai ke yang abstrak, dan dari diri sendiri sampai ke interakasi dengan orang lain।

TINJAUAN KURIKULUM
Melakukan ibadah melalui pengenalan dan kecintaan terhadap Tuhan, serta mencintai sesame hambaNya।
Memiliki kemampuan mengelola ketrampilan tubuh termasuk gerakan-gerakan pengontrolan tubuh, gerakan halus, gerakan kasar, serta menerima respon rangsangan sensorik (pancaindra)। Menggunakan bahasa untuk pemahaman bahasa pasif serta dapat berkomunikasi secara efektif yang bermanfaat untuk keperluan berpikir dalam bermain sambil belajar।
Mengarahkan untuk berpikir logis,kritis,mampu memberikan alsan,mampu berpikir pemecahan masalah,serta berpikir menemukan hubungan sebab-akibat।
Mampu mengenal lingkungan alam, lingkungan sosial, peranan masyarakat, mengharagai keragaman social dan budaya, serta mampu mengembangkan konsep diri, sikap positif terhadap belajar, mengontrol dan mengendalikan diri, serta rasa memiliki।
Memiliki kepekaan terhadap irama, nada, birama, berbagai bunyi, bertepuk tangan, serta menghargai hasil karya yang kreatif dan inovatif।

SOURCE:
1. Pedoman Penyelenggaraan PAUD, Direktorat PAUD Depdiknas, 2006.

2. PEPEL BKD PAUD DKI,Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta,2007.

PAUD TUMBUH KEMBANG :
KUNJUNGAN WISATA DI TEATER IMAX KEONG MAS
Kemarin, Selasa tanggal 18 Desember 2007 anak-anak didik PAUD Tumbuhkembang, bergembira ria bersama nonton DINAOSAURUS di Teater Imax Keong Emas Taman Mini Indonesia Indah।Wajah-wajah ceria nampak dari ekspresi mereka setelah keluar dari gedung pertunjukkan (pemutaran film)।
Para Orang Tua yang mendampingi merekapun ikut bersukacita pada acara akhir, yaitu makan siang bersama di halaman depan teater Imax। Semua bersama mulai dari Bapak Pembina, Ibu Kepala Paud sampai Ibu-ibu Guru ikut serta bersama।

LAPORAN HASIL KEGIATAN KELOMPOK BERMAIN
PAUD TUMBUHKEMBANG
Hari ini Rabu, tanggal 19 Desember 2007, anak didik,mulai menikmati libur panjang sampai awal Januari 2008, dan para orang tua datang ke PAUD untuk mengambil Laporan Hasil Perkembangan Anak Didik.
Semester depan (awal 2008) mulai kita rancang aktivitas ganda yaitu anak didik menikmati kegiatan dalam Kelompok Bermain, sementara para orang tua (Ibu-ibunya) akan memperoleh aktivitas pemberdayaan di berbagai sektor, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan yang ada।
Desain kerjasama yang akan dibangun tidak saja melibatkan PKK tingkat Kelurahan s।d Provinsi dan Dinas Pendidikan Dasar, akan tetapi akan dicoba mengeksplorasi kerjasama dengan Direktorat PAUD Depdiknas dan Kementrian Pemberdayan Perempuan।
Nampaknya terlalu jauh keinginan yangakan dicapai, akan tetapi kita coba dulu untuk memulainya, karena tanpa keinginan untuk berubah, perubahan yang sesungguhnya kita inginkan juga tak akan terwujud.




No comments: